Cara membuat surat lamaran kerja yang benar berserta Contohnya

Loading...

Cara membuat surat lamaran kerja. Mungkin sebagian dari anda ada yang masih bingung langkah langkah cara membuat lamaran kerja yang benar. Baik secara online maupun di kirim via email.

Saat anda akan melamar kerja anda perlu bikin surat lamaran kerja yang baik dan benar. jangan sampai kata katanya belepotan dan terjadi salah ketik. Sebelum saya utarakan secara singkat langkah langkahnya da baiknya anda mengetahui tips tips agar lamaran anda di terima oleh perusahaan.

Cara membuat surat lamaran kerja yang benar tulis tangan

Tips membuat surat lamaran kerja dengan mudah


1. Baca baik baik persyaratan yang di butuhkan oleh pemberi lowongan kerja. Lihat apakah anda memenuhi semua persyaratan. Jika ada salah satu persyaratan yang tidak bisa anda penuhi lebih baik jangan memaksakan diri untuk melamar kerja di tempat tersebut. karena kemungkinan di terima sangat kecil.

2. Tulis surat lamaran kerja denganbahasa yang baku sesuai EYD.
3. Tulis surat dengan singkat dan jelas. tidak perlu bertele tele. ungkapkan apa yang ingin menjadi tujuan utama anda melamar kerja.
4.Tulis nama Instansi atau nama perusahaan dengan benar jangan sampai ada kesalahan eja. Alamatnya juga.
5. Jangan sampai terjadi kesalahan dalam penyebutan nama, gelar atau jabatan.
6. Cantumkan dengan jelas posisi lowongan yang ingin anda tempati.
7. Tulis dengan rapi menggunakan MS word, Jika perusahaan mengharuskan surat lamaran kerja di tulis tangan pastikan jangan sampai ada coretan atau bekas tipe x. Jika terjadi kesalahan dalam menulis ganti dengan folio baru.
8. Baca sekali lagi surat lamaaran kerja yang anda buat. pastikan tidak ada kesaalahan.

Langkah langkah Cara membuat surat  lamaran kerja yang benar

Sekarang mari kita ke bagian pokok bahasan ini. Yaitu cara menulis surat lamaran kerja yang baik.

1. Tempat dan tanggal surat di buat.
2. Kepada yang terhormat ( tulis nama dan jabatannya jika anda tau namanya. jika tidak cukup jabatannya.
3.Salam hormat ( biasanya dengan kata kata Dengan hormat atau hormat kami
4.Kata pengantar atau pembuka surat 
5.Data pribadi
6. Pengalaman kerja dan kemampuan anda.
7.Penutup ( berisi kata kata terimakasih )
8.Daftar lampiran berkas yang anda sertakan seperti CV,photocopy KTP, Pas Photo, Kartu SKCK maupun Surat keterangan sehat dari dokter.

Contoh surat lamaran kerja di Pt. atau pabrik


DI atas adalah teori cara membuat surat lamaran kerja yang benar ( menurut saya ).Agar lebih paham akan saya berikan contoh surat lamaran kerja.

Contoh surat lamaran kerja di pabrik atau kantor



Bandung, 12 Juli 2018
Kepada Yth.
HRD PT. DIGITAL SEJAHTARA
Jl. Cempaka Timur No 34, Bandung
Hal : Permohonan Pekerjaan

Dengan hormat,
Saya yang bertanda tangan di bawah ini:
  • Nama : Bowo Alpenlibe
  • Alamat : Jl. H.R Rasuna Said No.23 Bandung selatan, Bandung
  • Tempat/Tanggal Lahir : Bandung, 30 Agustus 1992
  • Jenis Kelamin : Laki-Laki
  • Agama : Islam
  • Pendidikan Terakhir : S1 Desain Grafis
Dengan ini saya mengajukan permohonan kerja pada perusahaan yang Bapak/Ibu pimpin sebagai Desainer Grafis ,selanjutnya besar harapan saya agar permohonan ini bisa di kabulkan
Sebagai bahan pertimbangan saya lampirkan syarat -syarat sebagai berikut :
  1. Daftar Riwayat Hidup : 1 Lembar
  2. Foto Copy Ijazah Terakhir : 1 Lembar
  3. Foto Copy KTP : 2 Lembar
  4. Foto Copy SKCK : 1 Lembar
  5. Foto Ukuran 4 X 6 : 2 Lembar
  6. Foto Copy Pengalaman Kerja :1 Lembar
Demikian surat permohonan ini saya buat, besar harapan saya agar saya diterima pada perusahaan Bapak/Ibu pimpin. Atas perhatianya saya ucapkan terima kasih.
Hormar saya,

Bowo Alpenlibe

Contoh surat lamaran kerja umum

DI bawah adalah contoh format surat lamaran kerja secara umum. Anda bisa menyesuaikan dengan kondisi serta jenis surat lamaran kerja yang anda butuhkan. Baik untuk melamar di pabrik, PT, Bank atau Rumah sakit.
Surabaya, 10 Maret 2018
Hal : Lamaran Pekerjaan
Kepada Yth.
Bapak / Ibu Pimpinan (HRD)
1. ………….
Di
Tempat

Dengan hormat,
Sehubungan dengan adanya informasi yang memberitakan bahwa saat ini perusahaan yang Bapak/Ibu pimpin membutuhkan beberapa karyawan untuk di tempatkan di bagian Administrasi. Dengan ini saya berminat untuk bergabung di perusahaan yang Bapak/Ibu pimpin untuk posisi :Staf Administrasi
Saat ini saya berusia …………. tahun dan sudah menyelesaikan ujian …………. , …………. .
Saya tidak memiliki ikatan kerja formal dengan perusahaan manapun, sehingga saya dapat bekerja secara maksimal pada perusahaan ini. Saya bisa bekerja dengan baik dalam team maupun individu, dapat berkomunikasi dengan baik, bertanggung jawab, jujur dan saya juga menyukai tantangan dalam hal-hal baru.
Untuk bahan pertimbangan bagi Bapak/Ibu Pimpinan bersama dengan lamaran ini turut saya lampirkan:
  • Daftar Riwayat Hidup (Cv) : ………….Lembar
  • Photo Copy Transkrip Nilai : ………….Lembar
  • Photo Copy Surat Keterangan Tanda Lulus : ………….Lembar
  • Photo Copy KTP : ………….Lembar
  • Pas Foto Berwarna Ukuran 4 X 6 : ………….Lembar
  • Pas Foto Berwarna Ukuran 2 X 3 : ………….Lembar
  • Photo Copy Sertifikat : ………….Lembar
  • Photo copy SKCK
  • Surat keterangan sehat dari dokter
Demikian surat lamaran kerja ini saya buat dengan sebenar-benarnya. Besar harapan saya untuk dapat diterima bekerja di perusahaan yang Bapak/Ibu pimpin. Atas perhatiannya saya ucapkan terima kasih.
Hormat saya,



Bowo Alpenlibe


Ok, Baiklah saya rasa sudah cukup pembahasan cara membuat surat lamaran kerja beserta contoh surat lamaran kerja terbaru 2018.Untuk bagian yang saya kasih titik titik silahkan lengkapi sesuai dengan data diri anda yang sebenarnya.

0 Response to "Cara membuat surat lamaran kerja yang benar berserta Contohnya"

Posting Komentar